%T VISUALISASI KEGIATAN SEHARI-HARI ANAK TUNA GRAHITA BERBASIS MULTIMEDIA %K Visualisasi, Kegiatan, Sehari–hari, Anak Tuna Grahita, Multimedia. %L katalog3223 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Anak tuna grahita yang memiliki Intellegent Quotient (IQ) di bawah rata–rata anak normal cenderung kesulitan melakukan kegiatan sehari–hari secara mandiri. Metode pengejaran secara tradisional yang selama ini mereka dapatkan disekolah cenderung membosankan dan membuat antusiasme belajar anak tuna grahita menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu metode baru untuk meningkatkan pemahaman dan antusiasme belajar pada anak tuna grahita serta membantu guru dalam proses belajar mengajar. Pada penelitian ini, dibangun sebuah sistem visualisasi kegiatan sehari–hari anak tuna grahita berbasis multimedia. Hasil dari penelitian ini adalah dengan langkah–langkah yang benar, sistem dapat memberikan dampak yang positif terkait dengan antusiasme belajar dan hasil belajar anak tuna grahita setelah merasakan pengalaman baru menggunakan pengajaran metode visualisasi dengan sistem animasi yang didukung dengan pemilihan warna yang menarik, pemilihan background, dan pemilihan karakter yang lucu %D 2013 %A Evan Agung Cahyadi 22084448