eprintid: 3210 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/32/10 datestamp: 2020-08-07 03:17:24 lastmod: 2020-08-07 03:17:24 status_changed: 2020-08-07 03:17:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 41090012, HARYO DIMASTO KRISTIYANTO creators_id: haryodimasto@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sugianto, Sugianto contributors_name: Widyo, Kriswanto corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: HUBUNGAN ANTARA LAMANYA EKSPOSUR DAN DURASI AKTIVITAS PENGGUNAN KOMPUTER DENGAN KEJADIAN CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PEMAIN GAME ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN SLEMAN ispublished: pub subjects: RA subjects: RC0321 divisions: pend_dokter full_text_status: restricted keywords: cts, lama eksposur, durasi aktivitas, pemain game online abstract: Latar Belakang: Carpal Tunnel Syndrome (CTS), suatu kumpulan gejala akibat je penekanan pada nervus medianus yang sering dikaitkan dengan cedera peregangan berulang (Repetitive Strain Injury) menyebabkan daerah pergelangan tangan terasa mati rasa, nyeri, dan kesemutan. Salah satu faktor risiko CTS adalah aktivitas yang menggunakan pergelangan tangan berulang yang dilakukan dalam jangka waktu lama. Selama ini, penelitian mengenai kejadian CTS hanya dilakukan pada kalangan pekerja saja, padahal faktor risiko CTS dapat terjadi pada aktivitas di luar pekerjaan, seperti penggunaan komputer untuk bermain game online. Pemain game online juga memiliki risiko untuk terkena CTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara lamanya eksposur dan durasi aktivitas penggunaan komputer dengan kejadian CTS. Metode Penelitian: Penelitian ini berupa penelitian observasional analitik dengan rancangan potong lintang (cross sectional). Populasi penelitian adalah pemain game online di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden laki-laki berusia 17-29 tahun. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan lembar pemeriksaan fisik yang telah dilakukan uji validitas (Pearson) dan realibilitas (Cronbrachs Alpha). Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat (uji chi-square) dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 100 pemain game online, lama eksposur penggunaan komputer (p-value = 0,791), usia (p-value = 0,965), dan obesitas (p-value =0,157) tidak berhubungan dengan kejadian CTS, sedangkan durasi aktivitas (p-value = 0,000) berhubungan dengan kejadian CTS. Prevalensi kejadian CTS pada responden pemain game online di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman termasuk tinggi yaitu 66%. Kesimpulan: Lama eksposur penggunaan komputer (dalam satuan tahun) tidak berhubungan dengan kejadian CTS, sedangkan durasi aktivitas penggunaan komputer (dalam satuan jam/minggu) berhubungan dengan kejadian CTS. Durasi aktivitas penggunaan komputer untuk bermain game online selama > 30 jam/minggu meningkatkan risiko terkena CTS. date: 2014-02 date_type: published pages: 49 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Kedokteran thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 41090012, HARYO DIMASTO KRISTIYANTO (2014) HUBUNGAN ANTARA LAMANYA EKSPOSUR DAN DURASI AKTIVITAS PENGGUNAN KOMPUTER DENGAN KEJADIAN CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PEMAIN GAME ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN SLEMAN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3210/1/41090012_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3210/2/41090012_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf