%0 Thesis %9 Bachelor %A 22064176, Sandy Setiawan %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2013 %F katalog:3179 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K program bantu, bahasa inggris, anak SD, metode benchmarking, adobe flash SC3 %P 52 %T PROGRAM BANTU BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SD %U https://katalog.ukdw.ac.id/3179/ %X Media pembelajaran interaktif saat ini sedang mendapatkan tempat yang baik dari anak-anak. Sebagai wujud bentuk inovasi dari media pembelajaran yang ada saat ini mencoba untuk menyajikan materi yang menarik dan mudah dipahami anak-anak. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini akan mencoba membangun suatu program pembelajaran interaktif yang diharapkan dapat membantu anak-anak dalam mempelajari materi pelajaran. Langkah awal yang dilakukan sebelum membangun sistem adalah mempelajari dasar teori pembuatan game animasi 2D dan metode benchmarking. Metode benchmarking dilakukan dengan melibatkan beberapa game yang sudah ada di pasaran untuk penelitian yang akan penulis buat. Beberapa game yang dilibatkan untuk metode benchmarking ini adalah game yang dibuat oleh Akal Interaktif. Setelah melakukan analisis, kemudian penulis membangun sebuah program pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS3 yang memerlukan teori Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) agar penampilan menarik. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penelitian ini, dilakukan dengan cara mengujikan game ke peserta yaitu anak-anak SD PIUS Bhakti Utama Gombong kelas 3, 4, 5 dan 6 yang tiap kelas terdiri dari 5 orang sehingga total siswa adalah 20 siswa.