eprintid: 3158 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/31/58 datestamp: 2020-08-04 06:10:42 lastmod: 2020-08-04 06:10:42 status_changed: 2020-08-04 06:10:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064049, RAMA ADYASA PRAMUDHITA creators_id: rama.adyasa@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: C., Antonius Rachmat corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMILIHAN POSISI KEPING TERBAIK PADA PERMAINAN CONNECT THREE 3 DIMENSI DENGAN ALGORITMA MINIMAX ALPHA BETA PRUNING ispublished: pub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Connect Three, Minimax, Alpha-Beta Pruning abstract: Perkembangan teknologi telah memengaruhi perkembangan dunia game. Banyak game baru yang bermunculan dengan berbagai jenis permainan. Kemajuan tersebut memberi banyak pilihan dalam dunia game. Salah satunya ialah permainan Connect Three. Untuk menyelesaikan permasalahan game tersebut diperlukan suatu algoritma yang efisien, baik dari segi pemeriksaan langkah maupun dari segi waktu. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan antara algoritma Minimax dengan Alpha Beta Pruning dari segi jumlah node yang di-generate dan waktu penyelesaian pada permainan Connect Three. Algoritma Minimax dianggap kurang efisien dalam pemeriksaan node karena algoritma ini meng-expand semua kemungkinan langkah sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mendapatkan langkah terbaik. Penggunaan Alpha Beta Pruning pada algoritma Minimax akan mengurangi jumlah node yang di-expand dalam menentukan langkah terbaik. Di samping itu, diteliti pula level pemeriksaan kedalaman tree yang berpengaruh terhadap kecerdasan komputer dalam menentukan langkah terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Alpha-Beta Pruning pada algoritma Minimax terbukti mengoptimalkan pencarian langkah terbaik. Di samping itu, penambahan level pencarian dapat meningkatkan kecerdasan komputer. date: 2012-02 date_type: published pages: 59 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064049, RAMA ADYASA PRAMUDHITA (2012) PEMILIHAN POSISI KEPING TERBAIK PADA PERMAINAN CONNECT THREE 3 DIMENSI DENGAN ALGORITMA MINIMAX ALPHA BETA PRUNING. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3158/1/22064049_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/3158/2/22064049_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf