@phdthesis{katalog3158, title = {PEMILIHAN POSISI KEPING TERBAIK PADA PERMAINAN CONNECT THREE 3 DIMENSI DENGAN ALGORITMA MINIMAX ALPHA BETA PRUNING}, author = {RAMA ADYASA PRAMUDHITA 22064049}, year = {2012}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, month = {February}, abstract = {Perkembangan teknologi telah memengaruhi perkembangan dunia game. Banyak game baru yang bermunculan dengan berbagai jenis permainan. Kemajuan tersebut memberi banyak pilihan dalam dunia game. Salah satunya ialah permainan Connect Three. Untuk menyelesaikan permasalahan game tersebut diperlukan suatu algoritma yang efisien, baik dari segi pemeriksaan langkah maupun dari segi waktu. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan antara algoritma Minimax dengan Alpha Beta Pruning dari segi jumlah node yang di-generate dan waktu penyelesaian pada permainan Connect Three. Algoritma Minimax dianggap kurang efisien dalam pemeriksaan node karena algoritma ini meng-expand semua kemungkinan langkah sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mendapatkan langkah terbaik. Penggunaan Alpha Beta Pruning pada algoritma Minimax akan mengurangi jumlah node yang di-expand dalam menentukan langkah terbaik. Di samping itu, diteliti pula level pemeriksaan kedalaman tree yang berpengaruh terhadap kecerdasan komputer dalam menentukan langkah terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Alpha-Beta Pruning pada algoritma Minimax terbukti mengoptimalkan pencarian langkah terbaik. Di samping itu, penambahan level pencarian dapat meningkatkan kecerdasan komputer.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/3158/}, keywords = {Connect Three, Minimax, Alpha-Beta Pruning} }