%L katalog3094 %D 2011 %K Balanced Scorecard, Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan %T PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PT. ARUMBAI KASEMBADAN %A STEFFI PUTRI SERA 12070549 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Kebanyakan perusahaan merasa puas hanya dengan mengandalkan pengukuran kinerja keuangan saja. Padahal banyak faktor lain selain keuangan yang perlu diperhatikan dan dikembangkan, yang dapat diatasi dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, karena pendekatan ini memberikan pengukuran kinerja secara menyeluruh dengan empat perspektif, perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sehingga dengan penerapan Balanced Scorecard, perusahaan dapat meningkatkan kualitas perusahaan di mata pelanggan dan karyawan lalu akhirnya akan memenuhi tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh kekayaan lewat peningkatan pendapatan. Penelitian ini dilakukan di PT. Arumbai Kasembadan yang merupakan perusahaan pengolahan kayu di kota Banyumas, yang Negara ekspor utamanya adalah Jepang, dengan cara wawancara, dokumentasi, penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan. Dengan menerapkan Balanced Scorecard PT. Arumbai Kasembadan dapat mengukur kinerja yang tadinya sulit untuk diukur. Lewat hasil pengukuran tersebut, Balanced Scorecrad kemudian membantu PT.Arumbai Kasembadan dalam merencanakan strategi-strategi yang tepat untuk terus meningkatkan kualitas PT. Arumbai Kasembadan dari waktu ke waktu