%A ARDHANA RESWARI 12050407 %X Mahasiswa akuntansi merupakan calon akuntan yang sedikit banyak akan masuk ke dalam lapangan pekerjaan akuntansi. Setiap kegiatan akuntansi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis. Sikap dan tindakan etis akuntansi akan sangat menentukan posisinya di masyarakat pemakai jasa profesionalnya. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian terhadap mahasiswa akuntansi dengan membandingkan persepsi mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir demikian juga membandingkan antara mahasiswa dan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbedaan persepsi para mahasiswa yang merupakan calon akuntan tentang etika bisnis. Analisis didasarkan pada data dari 103 responden mahasiswa akuntansi yang pengumpulannya dilakukan melalui kuesioner. Uji reabilitas dan validitas dilakukan untuk mengetahui apakah kuesioner yang digunakan reliabel dan valid dan uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent T-test dan uji Mann-Whitney untuk membandingkan rata-rata persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir, demikian juga terhadap mahasiswa dan mahasiswi akuntansi. Hal ini berarti bahwa pendidikan etika pada jenjang pendidikan sangat penting karena akan mempengaruhi persepsi mahasiswa pada saat akan masuk dalam dunia kerja. Saran untuk penelitian berikutnya adalah menemukan variabel lain yang mempengaruhi perbedaan persepsi mahasiswa terhadap etika bisnis. %I Universitas Kristen Duta Wacana %K etika bisnis, gender, persepsi %T PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DIPANDANG DARI SEGI GENDER TERHADAP ETIKA BISNIS %L katalog3071 %D 2011