TY - THES Y1 - 2014/02// N2 - Tujuan dari satu perusahaan salah satunya mengoptimalkan nilai perusahaan. Karena nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran bagi pemegang saham secara maksimum apabila harga saham perusahaan meningkat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Adapun kriteria sampel yang akan digunakan yaitu Perusahaan manufaktur. Variabel terikat (Y) dihubungkan dengan lebih dari satu variabel bebas X1, X2, X3. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa uji F statistik diperoleh Fhitung sebesar 8,804 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000, pada taraf signifikansi 0,05 dan p < 0,05 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility / CSR, Leverage / DER, dan Investment Opportunities Set (IOS) / MBVA secara bersama-sama berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan / Tobins Q. Secara parsial variabel Corporate Social Responsibility / CSR berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan / Tobins Q. Variabel Leverage / DER tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan / Tobins Q. Variabel Investment Opportunities Set (IOS) / MBVA berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan / Tobins Q. M1 - skripsi EP - 51 ID - katalog3047 AV - restricted KW - Corporate Social Responsibility (CSR) KW - Leverage KW - Investment Opportunities Set (IOS) KW - dan Nilai Perusahaan. TI - PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY (CSR), LEVERAGE, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/3047/ A1 - 12070530, DIAN SARI ANGGARANI ER -