%L katalog3046 %D 2013 %K Iklan, AIDCA, efektivitas %T EFEKTIVITAS KAMPANYE IKLAN VITALONG C PADA MEDIA TELEVISI BERDASARKAN TEORI AIDCA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, CONVICTION, ACTION) DI KOTA YOGYAKARTA %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Di era globalisasi seperti saat sekarang ini tingkat persaingan menjadi suatu hal yang tidak bisa dihindari. Kompetisi dalam memperebutkan pangsa pasar memaksa suatu perusahaan harus pinter dalam mengatur strategi. Salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan – perusahaan adalah beriklan. Menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui sebuah iklan bukanlah suatu perkara mudah. Dimana perusahaan dihadapkan pada suatu tantangan yang tidak mudah untuk merancang suatu iklan yang bagus dan kreatif. Media televise menjadi sarana berpromosi yang sering kali digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan keberadaan produk mereka. karena media televise masih dipandang oleh perusahaan mampu menjangkau segmen yang besar. Berpromosi melalui media televisi membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk itu, perusahaan atau pengiklan harus benar- benar merancang sebuah iklan yang baik, kreatif dan efektif supaya dapat menarik perhatian dari audiencenya dan dana yang sebegitu besar yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan tidak terbuang sia-sia begitu saja. Dalam penelitian ini akan menganalisis efektivitas kampanye iklan pada media televise berdasarkan teori AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action). Penelitian ini mengunakan analsis persentase AIDCA. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Yogyakarta dengan umur minimal 17 tahun. Sedangkan sampel mereka yang sudah pernah melihat kampanye iklan vitalong C pada media televise dan sebanyak 104 orang serta menggunakan teknik purposive sampeling. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui kampanye iklan vitalong C pada media televise berdasarkan teori AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) berjalan dengan efektif. %A ANDIANTO 11003442