eprintid: 302 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/03/02 datestamp: 2020-01-16 02:03:55 lastmod: 2021-06-22 03:12:25 status_changed: 2020-02-28 02:50:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 41150001, Adrian Ega Mahardika Susanto creators_id: adrianegams88@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SIAGIAN, JONATHAN WILLY contributors_name: Praptana, Praptana corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DAN III TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: RA subjects: RA0421 divisions: pend_dokter full_text_status: restricted keywords: Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Pelayanan, Rumah Sakit, Kelas II, Kelas III abstract: Latar Belakang : Rumah sakit adalah salah satu penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan outcome dari hasil layanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan menggunakan desain penelitian analitik korelasi dengan studi potong lintang (cross-sectional). Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 31 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah The Patien Satisfaction Questionnaire Short – form Modified (PSQ-18M) dan Kuesioner Kualitas Pelayanan dengan skala Likert. Data pada penelitian ini dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil Penelitian : Penelitian ini dilakukan di Ruang C, D, E, F, VI rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 2019. Data diambil dari 31 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 16 pasien rawat inap kelas III dan 15 pasien rawat inap kelas II. Pada kelompok pasien rawat inap kelas III terdapat 15 responden memiliki tingkat kepuasan kriteria Sangat Tinggi dan 1 responden dengan kriteria Sedang. Sedangkan pada kelompok pasien rawat inap kelas II, seluruh responden memiliki kriteria tingkat kepuasan pasien Sangat Tinggi. Kualitas pelayanan yang diterima pasien rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sebanyak 9 responden menerima kualitas pelayanan kriteria Sangat Baik, dan 22 responden menerima dengan kriteria Baik. Uji korelasi Spearman menunjukkan hasil sangat lemah dan tidak signifikan yaitu nilai r = 0,117 dan p = 0,532 (p>0,05). Kesimpulan : Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas II dan III terhadap pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. date: 2019-11-30 date_type: published pages: 67 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Kedokteran thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 41150001, Adrian Ega Mahardika Susanto (2019) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DAN III TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/302/1/41150001_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/302/2/41140001_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf