%L katalog2919 %I Universitas Kristen Duta Wacana %D 2015 %T IMPLEMENTASI PARENT-CHILD DIMENSION UNTUK ANALISIS PENJUALAN BARANG STUDI KASUS: TB. SUMBER URIP %K Parent Child Dimension %A IWAN SETIAWAN 72110015 %X Pengambilan keputusan dalam pembelian barang sering kali menjadi hal yang sangat sulit bagi pemilik toko. Hal ini sering terjadi karena pengolahan data masih dilakukan dengan cara manual, sehingga dalam menangani pembelian barang pemilik toko masih harus melihat nota penjualan yang diolah secara manual. Analisis penjualan barang dengan menggunakan Parent-Child Dimension merupakan salah satu solusi yang tepat untuk penanganan masalah yang dihadapi oleh pemilik toko tanpa harus melihat nota penjualan yang diolah secara manual. Parent-Child Dimension merupakan dimensi orang tua dengan anak yang didasarkan pada dua kolom table dimensi yang sama, dan mendefinisikan keturunan hubungan antara anggota dimensi. Penelitian ini, akan menghasilkan analisis penjualan barang dengan melihat jumlah jual, dan frekuensi transaksi yang terjadi serta mengelompokkan data penjualan berdasarkan parameter barang. Dengan adanya sistem tersebut dapat membantu pemilik toko dalam pengambilan keputusan pembelian barang.