eprintid: 2903 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/29/03 datestamp: 2020-10-13 06:28:29 lastmod: 2020-10-13 06:28:29 status_changed: 2020-10-13 06:28:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71110065, AGATHA LINDAWATI creators_id: agatha.linda@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: Setiadi, Hendro corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGAMAX PADA PERMAINAN TIC TAC TOE 3D ispublished: pub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Negamax, Heuristik, Tic Tac Toe 3D abstract: Permainan tic tac toe merupakan permainan klasik berjenis permainan papan berukuran 3x3. Seiring dengan perkembangan Permainan dari 2 dimensi ke 3 dimensi sejak tahun 1990an, sehingga dalam penelitian ini penulis mengembangkan Permainan tic tac toe tersebut menjadi bentuk 3 dimensi dengan ukuran 3x3x3. Permainan dibuat dengan basis pemain melawan komputer dimana komputer merupakan agen cerdas yang dapat berpikir seperti manusia. Algoritma Negamax diimplementasikan oleh agen cerdas untuk mengambil keputusan. Dalam pencarian Negamax, nilai heuristik menjadi variabel penting dalam algoritma tersebut sehingga menentukan nilai heuristik dari setiap node dalam pohon pencarian permainan Tic Tac Toe 3D dengan benar dan tepat sangat diperlukan sehingga hasil yang didapat dari algoritma negamax dapat berjalan dengan tepat. Pengujian dilakukan dengan meminta 20 responden untuk memainkan Permainan melawan agen cerdas sebanyak 6 kali untuk melihat hasil permainan. Berdasarkan hasil analisa, agen cerdas yang dibuat oleh penulis cenderung memenangkan permainan melawan pemain beginer dan intermediate serta seri melawan pemain sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian nilai heuristik dan pengimplemenatsian negamax dalam Permainan ini sudah optimal. date: 2015-11 date_type: published pages: 45 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71110065, AGATHA LINDAWATI (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGAMAX PADA PERMAINAN TIC TAC TOE 3D. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2903/1/71110065_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2903/2/71110065_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf