@phdthesis{katalog2903, month = {November}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2015}, author = {AGATHA LINDAWATI 71110065}, title = {IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGAMAX PADA PERMAINAN TIC TAC TOE 3D}, abstract = {Permainan tic tac toe merupakan permainan klasik berjenis permainan papan berukuran 3x3. Seiring dengan perkembangan Permainan dari 2 dimensi ke 3 dimensi sejak tahun 1990an, sehingga dalam penelitian ini penulis mengembangkan Permainan tic tac toe tersebut menjadi bentuk 3 dimensi dengan ukuran 3x3x3. Permainan dibuat dengan basis pemain melawan komputer dimana komputer merupakan agen cerdas yang dapat berpikir seperti manusia. Algoritma Negamax diimplementasikan oleh agen cerdas untuk mengambil keputusan. Dalam pencarian Negamax, nilai heuristik menjadi variabel penting dalam algoritma tersebut sehingga menentukan nilai heuristik dari setiap node dalam pohon pencarian permainan Tic Tac Toe 3D dengan benar dan tepat sangat diperlukan sehingga hasil yang didapat dari algoritma negamax dapat berjalan dengan tepat. Pengujian dilakukan dengan meminta 20 responden untuk memainkan Permainan melawan agen cerdas sebanyak 6 kali untuk melihat hasil permainan. Berdasarkan hasil analisa, agen cerdas yang dibuat oleh penulis cenderung memenangkan permainan melawan pemain beginer dan intermediate serta seri melawan pemain sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian nilai heuristik dan pengimplemenatsian negamax dalam Permainan ini sudah optimal.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/2903/}, keywords = {Negamax, Heuristik, Tic Tac Toe 3D} }