eprintid: 2867 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 36 dir: disk0/00/00/28/67 datestamp: 2020-07-10 02:19:57 lastmod: 2020-07-10 02:19:57 status_changed: 2020-07-10 02:19:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22094812, INDRA HADI SUGITO creators_id: ihadi1990@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: C., Antonius Rachmat corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH PADA PERMAINAN SPOT CONNECTED ispublished: pub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Spot Connected, Breadth First Search, Pohon Pencarian abstract: Permainan tidak hanya dimainkan oleh manusia saja, namun komputer pun dapat memainkannya. Salah satu permainan yang dapat dimainkan oleh komputer adalah spot connected. Permainan spot connected merupakan salah satu permainan yang menggunakan papan permainan. Permainan ini mengharuskan pemainnya untuk menghubungkan setiap pasang angka yang ada dalam papan permainan. Permainan ini terlihat sederhana namun butuh ketelitian dalam menyelesaikan solusinya. Penilitian ini akan menerapkan algoritma breadth first search dalam penyelesaian solusi. Algoritma breadth first search termasuk dalam kategori algoritma blind search. Algoritma breadth first search akan membangun sebuah pohon pencarian dalam menyelesaikan sebuah solusi. Algoritma breadth first search akan mencoba semua kemungkinan yang ada. Setiap node yang ditelusuri akan dihitung untuk mengetahui kefektifan algoritma breadth first search. Penelitian menunjukan bahwa algoritma breadth first search pasti akan dapat menemukan sebuah solusi jika solusi tersebut memang ada. Hal tersebut dikarenakan algoritma breadth first search akan mencoba setiap kemungkinan yang ada. Jumlah node yang ditelusuri berpengaruh terhadap waktu komputasi. Semakin banyak jumlah node yang ditelusuri maka semakin lama waktu komputasinya. Jumlah node yang ditelusuri dipengaruhi juga oleh ukuran papan permainan dan jarak antar spot date: 2015-11 date_type: published pages: 40 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22094812, INDRA HADI SUGITO (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA BREADTH FIRST SEARCH PADA PERMAINAN SPOT CONNECTED. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2867/1/22094812_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2867/2/22094812_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf