eprintid: 2854 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 31 dir: disk0/00/00/28/54 datestamp: 2021-06-28 01:20:27 lastmod: 2021-06-28 01:20:27 status_changed: 2021-06-28 01:20:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71120024, Windy Hendra Supardi creators_id: reinarduswindy@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Chrisantyo, Lukas contributors_name: Lukito, Yuan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI VIRTUAL PIANO MENGGUNAKAN KAMERA ispublished: pub subjects: M1 subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Hand gesture, Convex Hull, Virtual Piano abstract: Hand Gesture Recognition (HGR) adalah salah satu cabang ilmu dari computer vision. Teknologi HGR memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi langsung dengan komputer melalui media tangan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teknologi HGR untuk membuat sistem yang dapat memainkan piano kertas dengan bantuan kamera. Untuk dapat membuat sistem, diperlukan preprocessing piano kertas dan tangan, ekstrasi fitur piano dan tangan, pencarian posisi jari, dan juga pengujian. Preprocessing dilakukan dengan mengubah citra RGB ke citra HSV yang selanjutnya citra HSV akan dikonversi lagi menjadi citra biner. Dari citra biner akan dicari sebuah kontur terluas dari piano dan dua kontur terluas dari tangan. Ekstraksi fitur piano dilakukan dengan deteksi tepi untuk mendapatkan objek piano dan koordinat tuts. Ekstraksi fitur tangan dilakukan dengan menggunakan metode Convex Hull. Pencarian posisi jari dilakukan dengan menggunakan koordinat titik-titik convex. Pengujian dilakukan dengan menghitung waktu latensi, pendeteksian warna kulit (terang, gelap, sawo matang, kuning), dan pencarian tuts mana yang akan memberikan hasil terbaik jika ditekan. Dari penelitian ini didapatkan hasil rata-rata waktu latensi sistem ketika menekan tuts adalah 0,939 detik, hasil pendeteksian warna kulit memiliki akurasi keberhasilan 100% dengan threshold warna kulit yang sudah ditentukan, dan hasil pendeteksian sudut tekan tuts memberikan hasil yang cukup baik dengan posisi penekanan terbaik ada pada tuts bagian tengah dari panjang tuts. date: 2016-07 date_type: published pages: 49 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71120024, Windy Hendra Supardi (2016) IMPLEMENTASI VIRTUAL PIANO MENGGUNAKAN KAMERA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2854/1/71120024_bab1_bab5_daftapustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2854/2/71120024_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf