eprintid: 2829 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 35 dir: disk0/00/00/28/29 datestamp: 2020-10-26 03:07:57 lastmod: 2020-10-26 03:07:57 status_changed: 2020-10-26 03:07:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71110045, ANDRE CAHYA SUSANTO creators_id: andre.cs@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setiadi, Hendro contributors_name: Santosa, R. Gunawan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA PERMAINAN TOWER DEFENSE BERBASIS CANVAS HTML5 ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: KecerdasanBuatan, Games, Dijkstra abstract: Algoritma Dijkstra biasanya digunakan sebagai salah satu pemecahan masalah pathfinding yang memiliki bobot dalam perjalanan setiap edge-nya. Algoritma ini jarang digunakan di dalam pembangunan kecerdasan buatan yang ada di dalam game karena biasanya algoritma ini hanya digunakan untuk mencari rute terbaik dengan jumlah bobot yang paling kecil yang diperlukan untuk menuju goal. Penulis menggunakan algoritma ini untuk membuat sebuah permainan Tower Defense yang unik, dengan menerapkan algoritma Dijkstra pada monster. Monster akan mencari rute yang terbaik, yaitu rute yang tidak dijaga oleh tower yang dibangun oleh pemain atau rute yang memiliki penjagaan yang paling sedikit. Algoritma ini diharapkan mampu memperbesar jumlah monster yang selamat dari serangan tower sehingga semakin banyak juga yang dapat memasuki base pemain untuk mengurangi nyawa pemain. Tantangan utama dari game ini adalah bagaimana pemain dapat mempertahankan base dari serangan monster dengan sumber daya yang seadanya dengan memperhatikan kondisi geografis yang berbeda–beda, juga dengan memperhatikan kemungkinan rute yang akan ditempuh oleh monster. date: 2016-07 date_type: published pages: 65 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71110045, ANDRE CAHYA SUSANTO (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA PERMAINAN TOWER DEFENSE BERBASIS CANVAS HTML5. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2829/1/71110045_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2829/2/71110045_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf