eprintid: 2825 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 35 dir: disk0/00/00/28/25 datestamp: 2020-10-23 07:04:39 lastmod: 2020-10-23 07:04:39 status_changed: 2020-10-23 07:04:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104978, PRISKILA ADOLFINA ABANAT creators_id: ilafina.abanat@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Virginia, Gloria contributors_name: Proboyekti, Umi corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI UJI KEMAMPUAN DASAR BAHASA JERMAN ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Goal Directed Design, User Experience Questionnaire, Sistem Pembelajaran, Bahasa Jerman abstract: Bahasa Jerman merupakan bahasa yang sudah dikenal luas di dunia. Banyak orang mempelajari Bahasa Jerman dengan berbagai macam tujuan. Tujuan tersebut diantaranya untuk berkunjung ke negara Jerman untuk berlibur, belajar atau urusan bisnis, untuk menjadi guide turis Jerman, atau hanya sekedar untuk memahami literatur Jerman. Di Indonesia, Bahasa Jerman sudah dianggap penting untuk dipelajari, bahkan termasuk dalam mata pelajaran di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini untuk mempersiapkan siswa jika suatu saat akan memilih melanjutkan studi ke Jerman, karena Jerman adalah salah satu negara yang merupakan tujuan studi yang populer. Banyak universitas di Jerman yang menawarkan peluang beasiswa untuk belajar disana dengan syarat menguasai Bahasa Jerman. Penelitian dalam laporan skripsi ini menggunakan metode Goal Directed Design, sebuah metode yang berorientasi pada tujuan dan motivasi dari pengguna terhadap suatu produk digital (Alan, Reimann, & Cronin, 2007), untuk membangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk belajar Bahasa Jerman sesuai dengan orientasi tujuan dan motivasi pengguna. Penelitian ini juga menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) untuk memperoleh penilaian pengguna dari segi Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Stimulasi, dan Kebaruan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pembelajaran Bahasa Jerman yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang didapatkan dari proses Goal Directed Design dengan penilaian yang positif yaitu di atas rata-rata dari aspek: Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Stimulasi, dan Kebaruan. date: 2016-07 date_type: published pages: 95 institution: Univeristas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104978, PRISKILA ADOLFINA ABANAT (2016) PENERAPAN GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI UJI KEMAMPUAN DASAR BAHASA JERMAN. Bachelor thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2825/1/22104978_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2825/2/22104978_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf