eprintid: 2774 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/27/74 datestamp: 2020-10-20 03:31:19 lastmod: 2020-10-20 03:31:19 status_changed: 2020-10-20 03:31:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 72120036, MANILA KRISTIN creators_id: manilapoenya21@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SANTOSO, HALIM BUDI contributors_name: HANDIWIDJOJO, WIMMIE corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: SISTEM INFORMASI JASA SERVIS AC BERBASIS WEB (BACK OFFICE). STUDI KASUS: CV. KURNIATAMA ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: ZA4050 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Pelayanan, SMS Gateway, Penjadwalan, Sparepart. abstract: Servis AC merupakan bagian yang penting untuk merawat AC yang dimiliki. Pelayanan servis AC pada tempat servis AC dapat membantu untuk mengetahui perawatan dan penanganan yang tepat apabila terjadi kerusakan pada AC. Konsumen sebelum pelayanan tidak diberi informasi mengenai waktu dan teknisi yang akan melakukan pelayanan. Saat selesai melakukan pelayanan servis AC, konsumen hanya mengetahui total biaya dari pelayanan dan data sparepart AC yang diganti oleh teknisi. Informasi yang diberikan kepada konsumen tidak rinci dan transparan, sehingga konsumen cukup mengetahui seberapa banyak harus membayar biaya pelayanan. Dalam skripsi ini dibuat sistem untuk mencatat data pelayanan terhadap konsumen beserta penjadwalan teknisi dan juga jadwal pelayanan sesuai permintaan konsumen. Sistem juga memvisualisasi hasil penjualan sparepart per bulan dan mengakumulasi dari data sparepart yang ke dalam bentuk laporan grafik. Sistem juga memiliki fasilitas untuk mengirimkan pesan berupa SMS Gateway kepada teknisi dan konsumen, yang berfungsi untuk mengingatkan jadwal pelayanan. Konsumen dapat menerima informasi jadwal pelayanan yang berisi data teknisi yang akan datang dan waktu pelayanan, pesan ini akan dikirim kepada konsumen satu hari sebelum hari pelayanan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat memvisualisasikan hasil analisis kerusakan pada AC berdasarkan jenis dan merk AC dari data pelayanan dan permintaan sparepart sesuai kebutuhan konsumen. Pada sistem akan diketahui data sparepart yang paling sering dipesan oleh teknisi ketika melakukan pelayanan yang digambarkan dalam laporan grafik. date: 2016-07 date_type: published pages: 114 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 72120036, MANILA KRISTIN (2016) SISTEM INFORMASI JASA SERVIS AC BERBASIS WEB (BACK OFFICE). STUDI KASUS: CV. KURNIATAMA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2774/1/72120036_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2774/2/72120036_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf