%X Kabupaten Mimika hingga sekarang belum ada sistem yang dapat menilai kualitas suatu TK(Taman Kanak-kanak). Penilaian adalah kegiatan mengambil keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik, buruk dan bersifat kualitatif. Sehingga Pemerintah daerah setempat khususnya Dinas Pendidikan dan Pengajaran tidak dapat menilai TK mana saja yang masuk dalam kategori baik, cukup dan kurang. Sistem yang dibuat mengkategorikan (baik, cukup dan kurang) suatu TK dengan kriteria penilaian yaitu kriteria guru (40 poin), kriteria sarana fisik (35 poin) dan sarana pendukung (25 poin). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan TK di kabupaten Mimika. Berdasarkan data yang diperoleh, Tk dengan kategori baik (41%), cukup (59%) dan kurang (0%). Hasil ini berdasarkan kondisi dan kualitas TK di Kabupaten Mimika. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata TK di kabupaten Mimika memiliki status TK yang cukup dalam fasilitas maupun guru pengajar. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A NOVA EFRIYANTY DE KOCK 23100592 %T PROGRAM BANTU PENILAIAN STATUS TK (TAMAN KANAK-KANAK) STUDI KASUS: TK DI KABUPATEN MIMIKA - PAPUA %K Program bantu TK, Kriteria Penilaian. %L katalog2754 %D 2016