TY - THES TI - DESAIN ANTARMUKA APLIKASI BERHITUNG BAGI SISWA TK STUDI KASUS : TK KEMALA BHAYANGKARI PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - Taman Kanak-Kanak KW - Desain Antarmuka KW - Android KW - Konsep Dasar Berhitung KW - TK Kemala Bhayangkari. AV - restricted A1 - 23100567, GABRA MIKAEL ARDA UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2752/ M1 - skripsi N2 - Taman kanak-kanak (TK) merupakan tahap awal untuk sebuah pendidikan, memberikan banyak dasar-dasar pendidikan sebelum menuju ketingkat sekolah dasar. Pendidikan TK dimulai dari 4 hingga 6 tahun. Adapun TK Negeri salah satunya TK Kemala Bhayangkari 05 Sleman. TK Kemala Bhayangkari merupakan salah satu TK Negeri yang mampu mendidik anak-anak untuk lebih kreatif dan mandiri untuk siap masuk jenjang sekolah dasar. Meskipun demikian, kurikulum TK Negeri yang sudah baik masih kurang dukungan di berbagai aspek. Seperti halnya infrastruktur seperti media media untuk pembelajaran. Oleh karena itu anak-anak akan kekurangan media untuk menyalurkan kreatifitas serta bakatnya. Dasar-dasar anak-anak untuk mengenal konsep berhitung pun membutuhkan banyak media, seperti contoh balok, permainan angka dan sebagainya. Dalam upaya membantu mengurangi permasalahan media pembelajaran dalam berhitung, penulis membuat desain antarmuka aplikasi untuk berhitung yang akan membantu guru sebagai bahan media belajar berhitung sesuai kurikulum yang ada. Desain antarmuka aplikasi berhitung yang dibangun akan membantu pengguna untuk memahami dan belajar konsep dasar berhitung sesuai kurikulum pembelajaran yang berlaku di TK Kemala Bhayangkari. Desain antarmuka dibangun dengan memakai antarmuka smartphone system operasi android. Informasi yang dijadikan sebagai desain antarmuka merupakan hasil penelitian melalui wawancara, studi lapangan, studi literatur serta kuisioner dalam pembangunan awal desain yang tepat bagi anak TK. Dengan berbagai macam metode dalam membangun desain antarmuka serta pengujiannya, informasi hasil penelitian dirangkum dan dirancang menjadi rekayasa desain antarmuka permainan berhitung melalui tampilan mobile. Y1 - 2016/07// ID - katalog2752 EP - 74 ER -