%D 2015 %L katalog2712 %I Universitas Kristen Duta Wacana %T ANALISIS KEPUASAN TERHADAP PENGGUNA JASA ATM BANK RAKYAT INDONESIA DI YOGYAKARTA %K Kualitas pelayanan, Indeks Kepuasan pelanggan, Kepuasan nasabah. %X Persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, terlebih dengan meningkatnya tuntutan-tuntutan nasabah terhadap pelayanan yang ditawarkan. Dengan perkembangan zaman yang sangat cepat persaingan antar bank semakin tampak dan hal ini menyebabkan semua perusahaan berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan tujuan untuk memberikan kepuasan terhadap nasabahnya. Dalam penelitian ini penulis mengukur kepuasan nasabah dengan menggunakan layanan ATM Bank BRI, yaitu dengan judul “Analisis kepuasan terhadap pengguna jasa ATM bank BRI di Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah bank BRI terhadap kualitas layanan ATM di Yogyakarta. Sampel sebayak 100 responden dan alat uji untuk penelitian menggunakan analisis validitas dan reliabilitas, indeks kepuasan pelanggan(IKP), dan analisis chi-square. Profil rsponden terdiri dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendapatan. Berdasarkan analisis indeks kepuasan pelanggan (IKP) terdapat atribut yang memuaskan nasabah yaitu atribut jumlah mesin ATM dengan hasil sebesar 4,29 dan atribut kemampuan ATM melayanai 24 jam sebesar 4,12. Namun dilihat secara keseluruhan dari nasabah bank BRI di Yogyakarta mempunyai tingkat kepuasan yang memuaskan. Lalu untuk hasil dari analisis chi-square menyimpulkan bahwa jika ditinjau dari Profil: jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendapatan tidak ada perbedaan sikap konsumen ditinjau dari profilnya. %A RIRIK ARIF BUDIMAN 11094854