TY - THES Y1 - 2015/07// A1 - 71110091, ADITYA BIMANTARA AV - restricted ID - katalog2587 M1 - skripsi TI - EVALUASI PENERAPAN ALGORITMA A* DAN ALGORITMA JUMP POINT SEARCH PADA PERMAINAN LODE-RUNNER, THE LEGEND RETURN N2 - Path finding merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh sebuah object untuk mencari jalan dari suatu tempat ke tempat lain. Ada beberapa algoritma yang sering digunakan dalam melakukan path finding, diataranya adalah algoritma A* dan Jump Point Search (JPS). Dalam penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap performa algoritma A* dan algoritma JPS yang merupakan pengembangan dari algoritma A*. Evaluasi dilakukan melalui implementasi kedua algoritma kedalam permainan Lode-Runner: The Legend Return dengan mengukur variabel running-time, visited node dan open node. Berdasarkan hasil analisa dari penerapan algoritma terhadap permainan, didapatkan bahwa kedua algoritma memiliki path solusi yang sama namun algoritma JPS memiliki jumlah visited node dan open node yang lebih sedikit. KW - A* KW - Jump Point Search KW - Analisis Algoritma KW - Permainan Lode-Runner PB - Universitas Kristen Duta Wacana EP - 58 UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2587/ ER -