%0 Thesis %9 Bachelor %A 71110091, ADITYA BIMANTARA %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2015 %F katalog:2587 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K A*, Jump Point Search, Analisis Algoritma, Permainan Lode-Runner %P 58 %T EVALUASI PENERAPAN ALGORITMA A* DAN ALGORITMA JUMP POINT SEARCH PADA PERMAINAN LODE-RUNNER, THE LEGEND RETURN %U https://katalog.ukdw.ac.id/2587/ %X Path finding merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh sebuah object untuk mencari jalan dari suatu tempat ke tempat lain. Ada beberapa algoritma yang sering digunakan dalam melakukan path finding, diataranya adalah algoritma A* dan Jump Point Search (JPS). Dalam penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap performa algoritma A* dan algoritma JPS yang merupakan pengembangan dari algoritma A*. Evaluasi dilakukan melalui implementasi kedua algoritma kedalam permainan Lode-Runner: The Legend Return dengan mengukur variabel running-time, visited node dan open node. Berdasarkan hasil analisa dari penerapan algoritma terhadap permainan, didapatkan bahwa kedua algoritma memiliki path solusi yang sama namun algoritma JPS memiliki jumlah visited node dan open node yang lebih sedikit.