TY - THES ID - katalog2568 EP - 106 M1 - masters N2 - Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk memberikan ruang apresiasi bagi Mitos. Mitos terkadang dikecam sebagai yang tidak rasional dan karena itu tidak digubris. Padahal, di dalam mitos terkandung kebenaran karena merupakan sebuah cerita yang sakral dan memiliki dampak sampai sekarang. Dengan membuka ruang apresiasi terhadap tuturan lisan di Jemaat GPM Booi maka dapat dipakai sebagai sumber berteologi kontekstual. Penelitian dalam tesis ini adalah penenelitian lintas ilmu yaitu memakai teori Fenomenologi (Teori Eliade) dan kajian Teologi melalui pendekatan Appreciative Inquiry. Tahapan pertama menganalisis mitos dengan menguraikan unsur-unsur yang membentuknya. Tahap kedua memakai pendekatan Appreciative Inquiry dengan kajian Teologi. Appreciative Inquiry bertolak dari apa yang terbaik dalam sebuah sistem. Pendekatan Appreciative Inquiry menitikberatkan pada kehidupan personal maupun organisasi yang didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan dan dialog tentang kekuatan, kesuksesan, nilai, dan harapan. Appreciative Inquiry berangkat dari asumsi bahwa setiap orang punya keunikan yang berbeda, serta skill yang berbeda. Dari keunikan dan skill yang berbeda itu maka tiap orang berkontribusi untuk membangun kehidupannya. Mitos Air Tukang berdampak pada anggota jemaat GPM Booi. Anggota jemaat GPM Booi berprofesi sebagai tukang secara turun-temurun. Perwujudan ethos kerja Kristen yang menjadi karakteristik bagi anggota jemaat GPM Booi. Aspek penting di dalam Mitos Air Tukang dapat dikaji dengan spiritualitas feminis. Alasan mendasar adalah peranan perempuan sebagai tokoh utama yang bertanggung jawab bagi kelangsungan kehidupan keluarganya. Y1 - 2016/02// A1 - 50130004, SHEMAELRIA GRACELEA APONNO UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2568/ TI - PEMAHAMAN ANGGOTA JEMAAT GPM BOOI MENGENAI MITOS AIR TUKANG : KAJIAN TEOLOGI KONTEKSTUAL MELALUI PENDEKATAN APPRECIATIVE INQUIRY PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - Mitos KW - Tukang KW - Teologi Kontekstual KW - Feminis KW - Appreciative Inquiry. AV - restricted ER -