eprintid: 2565 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/25/65 datestamp: 2020-06-08 01:40:45 lastmod: 2020-06-08 01:43:58 status_changed: 2020-06-08 01:43:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 50120325, ROMY creators_id: romeo.romeo@windowslive.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wibowo, Djoko Prasetyo Adi contributors_name: Setio, Robert corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: ANALISA TEOLOGIS TERHADAP HIPEREALITAS MEDIA UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI IMAN ispublished: pub subjects: BD subjects: BV divisions: ilmu_teologi full_text_status: restricted keywords: Teologi Komunikasi, Pengembangan Gereja, Komunikasi Iman, Realitas Virtual, Hiperealitas, Media, Simulasi-Simulacrum, Semiologi, Ideologi, Penafsiran, Kaum Muda Kristen, Digital Native, Kajian Budaya, Simbol, Penanda-Petanda, Paradigmatik, Konstruksi Sosial, Budaya Populer, Narasi, Injil Yohanes, Inkarnasi, Kontekstual, Era Digital, Post-Modern, Post-Struktural, Post-Spiritual. abstract: Secara keseluruhan pembahasan tesis teologi ini berfokus pada teologi komunikasi. Domain yang dibahas adalah komunikasi iman dalam kaitannya dengan kehadiran realitas virtual beserta seluruh dampaknya. Sifat dari realitas virtual yang sering disebut sebagai dunia hiperealitas dimana antara yang asli dan artifisial/ palsu melebur menjadi satu, membingungkan, sekaligus menjadi sebuah realitas yang berlapis-lapis secara masif. Di lain pihak tampaknya gereja mulai kehilangan kendali terhadap budaya baru digital tersebut. Banyaknya kaum muda Kristen yang mulai meninggalkan gereja dengan alasan utama bahwa gereja tidak lagi relevan buat mereka menjadi tantangan baru hidup bergereja di era digital. Gereja harus membangun teologi komunikasi yang kontekstual di era digital ini. Menemukan sebuah metodologi untuk menjawab realitas budaya populer dan kehadiran dunia hiperealitas karena pengaruh perkembangan media komunikasi massa. Penulis memberikan uraian mengenai latar belakang dan konteks Kaum Muda Kristen (Digital Native) di era digital, kemudian memberikan beberapa pemikiran tentang budaya virtual dari perspektif bidang ilmu Kajian Budaya (Semiologi), setelah itu melacak sebuah konsep teologi komunikasi yang muncul menurut narasi dan perjumpaan Yohanes dengan Yesus sebagai Allah yang mewujud (Kata/ Logos yang mewujud) untuk berkomunikasi dengan manusia berdosa. Pada bagian akhir penulis menghadirkan sebuah model teologi komunikasi yang kontekstual bagi era digital. Sasarannya adalah agar terbentuk sebuah pengembangan gereja yang berbasis teologi komunikasi. Karena Allah yang kita percaya adalah Allah yang berkomunikasi secara kreatif dengan seluruh ciptaan-Nya. date: 2016-02 date_type: published pages: 134 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Magister Ilmu Teologi thesis_type: masters thesis_name: other citation: 50120325, ROMY (2016) ANALISA TEOLOGIS TERHADAP HIPEREALITAS MEDIA UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI IMAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2565/1/50120325_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2565/2/50120325_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf