TY - THES M1 - skripsi KW - quadtree KW - brute force KW - collision detection KW - frame per second KW - millisecond. UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2493/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana EP - 39 N2 - Collision detection merupakan persolan yang sangat berpengaruh dalam hal kecepatan dalam beberapa game khususnya game-game yang memiliki jumlah objek yang banyak dan saling bertumbukan. Karena hal inilah penulis memiliki inisiatif untuk melakukan penelitian dengan menerapkan metode Quadtree dalam menyelesaikan persoalan Collision Detection sehingga masalah kecepatan dapat teratasi. Untuk membuktikan bahwa metode Quadtree dapat menyelesaikan persoalan Collision Detection maka penulis membandingkan dengan metode yang sering digunakan yaitu Brute force. Penelitian dilakukan dengan membuat simulasi Collision Detection dengan jumlah objek yang bervariasi sebanyak 30 sampel. Dalam penelitian tersebut dapat diketahui Jumlah Pengecekan, FPS (Frame Per Second) dan ms (millisecond) dari kedua metode tersebut. Dengan membandingkan jumlah pengecekan, nilai FPS dan nilai ms diperoleh bahwa Quadtree memiliki tingkat kecepatan yang lebih cepat dalam Collision Detection dibandingakan dengan Brute force. AV - restricted A1 - 22104989, RONAL TI - MENGIMPLEMENTASIKAN QUADTREE UNTUK MENGOPTIMALKAN COLLISION DETECTION ID - katalog2493 Y1 - 2015/07// ER -