eprintid: 2362 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/23/62 datestamp: 2020-06-05 02:27:52 lastmod: 2020-06-05 02:33:40 status_changed: 2020-06-05 02:33:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22094644, DIONYSIUS ADI NUGROHO creators_id: dionysius.adi@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: Haryono, Nugroho Agus corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA ALPHA BETA PRUNING PADA GAME CHAIN REACTION ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Artificial Intelligence, Agen Cerdas, Alpha Beta Pruning, Minimax, Heuristik , Chain Reaction abstract: Dalam permainan yang menggunakan strategi sebagai penyelesaian permainan umumnya terdapat suatu agen cerdas yang bertugas untuk menyelesaikan permainan. Permainan Chain Reaction merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang untuk menyelesaikan permainannya. Permainan Chain Reaction yang telah beredar di google play pada tahun 2014 hanya memfasilitasi mode permainan manusia melawan manusia untuk menyelesaikan permainannya. Karena hal itu penulis membangun permainan yang menggunakan agen cerdas sebagai lawan main dari manusia sekaligus menerapkan salah satu metode pohon pencarian yaitu alpha beta pruning kedalam suatu bentuk permainan. Pada Kesempatan kali ini penulis telah merancang permainan Chain Reaction yang menggunakan metode Alpha Beta Pruning sebagai agen cerdas sebagai lawan main manusia. Pada penelitian ini penulis meneliti tentang nilai heuristik yang dipakai untuk mengimplementasikan metode alpha beta pruning kedalam permainan Chain Reaction dengan beberapa variasi kedalaman pohon. Hasil dari implementasi algoritma Alpha Beta Pruning komputer dapat menentukan langkah terbaik yang dipilih dari berbagai kemungkinan langkah. Kedalaman juga berpengaruh untuk menghasilkan solusi yang memenangkan agen cerdas. Semakin dalam tingkat kedalaman pohon maka solusi yang dihasilkan semakin optimal, namun untuk mendapatkan solusi optimal tersebut dibutuhkan waktu pencarian yang lebih lama. date: 2015-07 date_type: published pages: 48 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22094644, DIONYSIUS ADI NUGROHO (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA ALPHA BETA PRUNING PADA GAME CHAIN REACTION. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2362/1/22094644_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2362/2/22094644_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf