eprintid: 2358 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 32 dir: disk0/00/00/23/58 datestamp: 2020-06-03 03:12:50 lastmod: 2020-06-03 03:12:50 status_changed: 2020-06-03 03:12:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22084626, MEINARDUS PURNAMA P MARUNG creators_id: meinardteemunk@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Herlina R., Theresia contributors_name: Rachmat C., Antonius corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI PERMAINAN TANGRAM ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Tangram, Bangun datar, Usability Testing, Task Succes, Task Time abstract: Laju perkembangan teknologi sekarang ini semakin sulit dihindari. Hampir setiap hari berbagai karya dihasilkan oleh banyak inovator yang berkecimpung dunia teknologi informasi. Untuk dapat menghasilkan sebuah aplikasi perangkat lunak (software) dalam dunia komputer perlu melewati berbagai tahapan pengujian sebelum aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna (end user). Semakin baik tahap pengujiannya maka semakin besar pula peluang aplikasi tersebut bermanfaat untuk kepentingan pengguna. Salah satu tahapan pengujian dalam pembuatan perangkat lunak adalah usability testing. Sebuah pengujian untuk mengetahui seberapa besar sebuah aplikasi dapat digunakan oleh pengguna. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi permainan berdasarkan konsep bangun datar dalam ilmu matematika tingkat sekolah dasar. Sebuah konsep permainan Cina kuno yaitu permainan tangram akan dibuat dalam bentuk aplikasi permaianan yang kemudian dilakukan pengujian pada anak kelas 3 (tiga) sekolah dasar. Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi usability yaitu pengukuran aplikasi berdasarkan tingkat kegunaannya dari 4 (empat) faktor yaitu kegunaan sistem (usefulness), kemudahan sistem (ease of use), kemudahan belajar sistem (ease of learning) dan kepuasan pengguna (satisfaction). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 partisipan, didapatkan 88.89 % partisipan setuju aplikasi ini berguna (usefulness), 86.87 % mudah digunakan (ease of use), 92.22 % mudah dipelajari (ease of learning) dan 91.11 % partisipan merasa puas dengan aplikasi ini. date: 2015-07 date_type: published pages: 65 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: mphil citation: 22084626, MEINARDUS PURNAMA P MARUNG (2015) EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI PERMAINAN TANGRAM. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2358/1/22084626_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2358/2/22084626_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf