TY - THES Y1 - 2015/07// AV - restricted A1 - 22084626, MEINARDUS PURNAMA P MARUNG ID - katalog2358 M1 - skripsi TI - EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI PERMAINAN TANGRAM N2 - Laju perkembangan teknologi sekarang ini semakin sulit dihindari. Hampir setiap hari berbagai karya dihasilkan oleh banyak inovator yang berkecimpung dunia teknologi informasi. Untuk dapat menghasilkan sebuah aplikasi perangkat lunak (software) dalam dunia komputer perlu melewati berbagai tahapan pengujian sebelum aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna (end user). Semakin baik tahap pengujiannya maka semakin besar pula peluang aplikasi tersebut bermanfaat untuk kepentingan pengguna. Salah satu tahapan pengujian dalam pembuatan perangkat lunak adalah usability testing. Sebuah pengujian untuk mengetahui seberapa besar sebuah aplikasi dapat digunakan oleh pengguna. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi permainan berdasarkan konsep bangun datar dalam ilmu matematika tingkat sekolah dasar. Sebuah konsep permainan Cina kuno yaitu permainan tangram akan dibuat dalam bentuk aplikasi permaianan yang kemudian dilakukan pengujian pada anak kelas 3 (tiga) sekolah dasar. Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi usability yaitu pengukuran aplikasi berdasarkan tingkat kegunaannya dari 4 (empat) faktor yaitu kegunaan sistem (usefulness), kemudahan sistem (ease of use), kemudahan belajar sistem (ease of learning) dan kepuasan pengguna (satisfaction). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 partisipan, didapatkan 88.89 % partisipan setuju aplikasi ini berguna (usefulness), 86.87 % mudah digunakan (ease of use), 92.22 % mudah dipelajari (ease of learning) dan 91.11 % partisipan merasa puas dengan aplikasi ini. KW - Tangram KW - Bangun datar KW - Usability Testing KW - Task Succes KW - Task Time PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2358/ EP - 65 ER -