@phdthesis{katalog2354, title = {IMPLEMENTASI METODE GOAL-DIRECTED DESIGN PADA APLIKASI PEMBELAJARAN BAKTERI PADA SISWA/I SMA}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2017}, author = {Edwin Djiloy 71110141}, month = {February}, keywords = {Aplikasi Pembelajaran, Metode Goal-Directed Design, User Interface, Usability Testing.}, abstract = {Dalam proses belajar mengajar tentang bakteri, siswa kurang memahami terhadap materi yang disajikan, sehingga dapat berdampak pada hasil belajar yang kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di SMA Bopkri 2 Yogyakarta belum menggunakan alat/media pendukung pembelajaran. Untuk membantu siswa ? siswi dalam proses belajar agar lebih menarik dan bervariasi yang dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar, maka dibangun sebuah aplikasi pembelajaran bakteri dengan menggunakan metode Goal-Directed Design untuk perancangan antarmuka. Terdapat enam tahapan dalam Goal-Directed Design yaitu research, modelling, requirements definition, framework definition, refinement, dan support. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi pembelajaran bakteri yang telah dibangun dapat meningkatkan pemahaman siswa?siswi dalam mempelajari topik pembelajaran bakteri, serta memberi kemudahan atau membantu bagi siswa?siswi dalam proses belajar yang lebih menarik dan bervariasi. Hal ini didasari dari hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran bakteri yaitu sebesar 80.83\% atau termasuk dalam kategori baik, serta nilai tingkat usabilitas pada aspek usefulness yaitu sebesar 89.88\% atau termasuk kategori sangat baik, aspek easy of use sebesar 87.01\% atau termasuk kategori sangat baik, aspek easy of learning sebesar 91.36\% atau termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek satisfaction sebesar 83.84\% atau termasuk dalam kategori baik.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/2354/} }