%D 2017 %L katalog2336 %T IMPLEMENTASI ALGORITMA SIDEWINDER SEBAGAI GENERATOR MAZE %K Maze, Solver, Algoritma Sidewinder, Algoritma Recursive Backtracker %X Salah satu aspek dalam sebuah game yang mampu memberikan tingkat kesulitan berbeda-beda adalah desain Map. Gameplay sebuah Game yang bergantung pada desain Map adalah game bertema Maze. Untuk membuat Maze itu mudah jika dibuat secara manual, namun untuk membuat Maze secara cepat, acak dan otomatis dibutuhkan tambahan algoritma tertentu yang memang digunakan sebagai pembuat Maze. Dalam penelitian ini, penulis membuat sebuah sistem Generator Maze dengan mengimplementasikan algoritma Sidewinder sebagai pembuat Maze. Penulis menganalisis Traversed Nodes dan Path Nodes pada Maze dari hasil Solver menggunakan algoritma Recursive Backtracker. Dari Nodes tersebut Maze yang dibuat dengan algoritma Sidewinder dapat diuji kompkesitasnya. Sistem yang dibangun 100% mampu menghasilkan Maze secara dinamis, sistem juga mampu mencari jalan keluar dari Maze yang dibuat. Bentuk Maze mempengaruhi kompleksitas Maze. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A SEBASTIO AVIANT MATUTINA 22104985