@phdthesis{katalog2328, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2020}, month = {February}, title = {ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN BERBELANJA DI AREA MALIOBORO: STUDI PADA WISATAWAN NUSANTARA YANG BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA}, author = {Rian Lambok Simanjorang 11110050}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan berbelanja di area Malioboro : studi pada wisatawan nusantara yang berkunjung ke Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di area Malioboro Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan febuari 2019. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui pengisian kuisioner yang ada di area Malioboro Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah semua wisatawan nusantara yang berbelanja di Malioboro Yogyakarta. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis variabel yaitu variabel terikat (dependen) dan variabel bebas (independen). Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi harga (X1), produk (X2), fasilitas (X3), akses/keterjangkauan (X4) dan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini kepuasan wisatawan (Y). Hasil regresi linear berganda menunjukkan Y = 3.041 + 0,211 X1 + 0,099 X2+ 0,290 X3 + 0,036 X4, Hasil ini menyatakan semakin baik persepsi harga, produk, fasilitas, akses/keterjangkauan dapat meningkatkan kepuasan wisatawan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,204 dengan jumlah persentase 20,4\% kepuasan wisatawan berbelanja di area Malioboro, sedangkan sisanya sebesar 79,6\% di pengaruhi variabel lain yang berada di luar variabel yang di teliti. Bedasarkan uji signifikansi secara simultan (uji F), semua variabel dalam penelitian ini secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan sebesar 0,000 berdasarkan hasil uji signifikansi secara parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel produk dan variabel akses/keterjangkauan tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yaitu variabel produk memiliki nilai probabilitas sebesar 0,171 dan variabel akses/keterjangkauan memiliki nilai probabilitas sebesar 0,588. Variabel lain yang diteliti dalam penelitian ini yaitu persepsi harga dan fasilitas memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan karena memiliki nilai signifikansi {\ensuremath{<}} 0,05\% yaitu variabel persepsi harga sebesar 0,011 dan variabel fasilitas sebesar 0,000.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/2328/}, keywords = {kepuasan wisatawan, harga, produk, fasilitas, akses/keterjangkauan} }