eprintid: 2201 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/22/01 datestamp: 2020-06-23 04:56:50 lastmod: 2020-06-23 04:56:50 status_changed: 2020-06-23 04:56:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104968, IGRES YOLANDA PASARIBU creators_id: igres.pasaribu@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Proboyekti, Umi contributors_name: Chrisantyo, Lukas corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PEMBUATAN PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN INSTRUMEN GITAR BERBASIS WEB ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 subjects: T1 subjects: ZA4450 divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Goal Directed Design, User Eksperience Questionnaire, Belajar Gitar Pemula. abstract: Instrumen gitar adalah alat musik yang populer digunakan oleh semua usia dan peminatnya cukup tinggi. Secara umum instrumen gitar terbagi atas 2 jenis: gitar elektrik/listrik dan gitar akustik, gitar akustik adalah jenis gitar yang biasa digunakan oleh tingkat pemula. Ada berbagai media yang dapat mendukung proses belajar diantaranya buku pedoman baik dari lembaga kursus musik maupun buku pedoman yang dijual bebas, selain itu juga ada aplikasi desktop, informasi internet, dan aplikasi berbasis web. Media internet atau aplikasi berbasis web merupakan media pembelajaran yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja dan juga media ini tidak membutuhkan anggaran yang besar. Maka dari itu dikembangkan sebuah Aplikasi bantu belajar gitar berbasis web. Program bantu belajar gitar dibangun dengan metode Goal Directed Design. Metode ini memiliki 6 proses yaitu: Research, Modeling, Requirements Definition, Framework Definition, Refinement, Support Development. Setelah menyelesaikan proses Goal Directed Design penelitian dilanjut dengan menguji User Experience mengunakan User Eksperience Questionaire (UEQ). UEQ menggunakan 6 skala penilaian diantaranya: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty Hasil pembangunan aplikasi menggunakan metode Goal Directed Design menunjukan hasil yang sangat baik pada aspek nilai Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty . date: 2016-02 date_type: published pages: 42 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104968, IGRES YOLANDA PASARIBU (2016) PENERAPAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PEMBUATAN PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN INSTRUMEN GITAR BERBASIS WEB. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2201/1/22104968_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/2201/2/22104968_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf