TY - THES EP - 44 PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2199/ KW - Bellman Ford KW - shortest path KW - game Pacman M1 - skripsi A1 - 22104958, RISDIANTO ADIPATRI JACOB AV - restricted Y1 - 2016/02// ID - katalog2199 TI - IMPLEMENTASI METODE BELLMAN-FORD UNTUK NON PLAYER CHARACTER PACMAN N2 - Kecerdasan Buatan merupakan kecerdasan yang ada pada suatu perangkat atau pun sistem yang melakukan segala sesuatunya dengan kemampuan kecerdasan itu sendiri. Salah satunya pencarian rute terpendek, dalam banyak kasus pencarian jalur dapat diselesaikan kedalam suatu metode, salah satunya yaitu metode Bellman-Ford. Metode Bellman Ford nantinya akan diterapkan kepada hantu Pacman, untuk menghalau pergerakan Pacman. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan terhadap non player character dengan cara menghitung keberhasilan ghost menghalau pacman, perhitungan ulang pada tiap frame, dan juga kuesioner CEGE (core element of gaming experience) untuk menguji pengalaman pemain. Pengalaman pemain dari hasil kuesioner CEGE memberikan pengalaman positif enjoyment untuk permainan ini. .Untuk keberhasilan Non Player Character 100% berhasil, dan agar pergerakan musuh berjalan dengan baik, dilakukan perhitungan ulang untuk beberapa frame agar permainan berjalan lebih baik. ER -