%A FX. FEBRIE DWI ANANTA 22084492 %X Kebutuhan mahasiswa arsitek untuk mempelajari arsitektur bangunan jawa, namun kesulitan untuk menemukan informasi yang dapat memberikan gambaran bangunan jawa secara nyata dan sulitnya menemukan bangunan jawa yang nyata membuat peneliti ingin merealisasikannya dalam aplikasi pembelajaran yang dapat menampilkan objek bangunan jawa secara nyata dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Dalam pembuatan aplikasi ini, peneliti ingin membuat aplikasi pembelajaran dengan menggunakan metode Goal-Directed-Design yang menempatkan tujuan pengguna sebagai pusat dalam proses pembuatan perangkat lunak sehingga aplikasi pembelajaran ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Dari penerapan metode Goal- Directed-Design menghasilkan tujuan pengguna adalah membuat aplikasi pembelajaran yang dapat membantu dalam belajar dan mencari informasi tentang arsitektur bangunan jawa. Dari hasil pengujian menggunakan usability testing pada tahap usefulness dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi ini pengetahuan pengguna mengalami peningkatan, sehingga tujuan pengguna dalam menggunakan aplikasi untuk belajar dan mencari informasi arsitektur bangunan jawa tercapai. %I Universitas Kristen Duta Wacana %T PENERAPAN GOAL-DIRECTED-DESIGN DALAM PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI SISTEM PEMBELAJARAN ARSITEKTUR BANGUNAN JAWA BERBASIS ANDROID AUGMENTED REALITY %K Aplikasi Pembelajaran, Metode Goal-Directed-Design, GDD %L katalog2185 %D 2016