%D 2015 %L katalog2167 %I Universitas Kristen Duta Wacana %T ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN ASAL SEKOLAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR AKUNTANSI PADA NILAI AKHIR MATAKULIAH AKUNTANSI PENGANTAR DAN AKUNTANSI KEUANGAN %K Asal Sekolah, nilai akhir Akuntansi Pengantar, dan nilai akhir Akuntansi Keuangan %A MARIA BASILIA OKNENEM 12080633 %X Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti mengenai perbedaan pengaruh asal sekolah SMK jurusan Akuntansi, SMA jurusan IPS, dan SMA jurusan IPA pada nilai akhir matakuliah Akuntansi Pengantar dan Akuntansi Keuangan, sampel data diambil dari Unit Biro Administrasi Akademik (Biro I), sampel data yang diambil adalah latar belakang asal sekolah mahasiswa akuntansi dan nilai akhir matakuliah mahasiswa akuntansi angkatan 2012 dan 2013 sebanyak 96 mahasiswa di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh asal sekolah SMK jurusan Akuntansi, SMA jurusan IPS, dan SMA jurusan IPApada nilai akhir matakuliah Akuntansi Pengantar dan Akuntansi Keuangan. Oleh sebab itu, dengan penelitian ini membukti bahwa perbedaan latarbelakang asal sekolah tidak menjadi suatu masalah bagi mahasiswa akuntansi untuk memahami konsep dasar akuntansi.