eprintid: 215 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 20 dir: disk0/00/00/02/15 datestamp: 2020-01-28 04:23:15 lastmod: 2023-05-11 03:34:30 status_changed: 2023-05-11 03:34:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: , Nilam Permata P Kakansing creators_id: 71130108 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Restyandito, Restyandito contributors_name: Dhian, Ignatia corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: EVALUASI ANTARMUKA E-COMMERCE BERDASARKAN HASIL UJI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING ispublished: unpub subjects: HF subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Situs E-Commerce, Usability Testing, desain antarmuka abstract: E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang merupakan layanan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik. Desain antarmuka yang baik dari situs E-Commerce menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan penjualan sebuah situs. Untuk itu pengujian usabilitas sebuah situs sangat dibutuhkan untuk mengetahui tingkat usabilitas pada sebuah situs khususnya desain antarmuka. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan pengujian usabilitas terhadap 5 dummy situs E-Commerce yang telah dibuat oleh peneliti yaitu Bhinneka, Lazada, Blanja, Blibli dan JD. Pengujian usabilitas dilakukan dengan metode Usability Testing yaitu dengan menggunakan parameter task success untuk mengetahui tingkat keefektifan, time on task dan efficiency untuk mengetahui tingkat keefisienan dan menggunakan kuisioner USE untuk mengetahui tingkat kepuasan dari 5 dummy tersebut. Partisipan dipilih dengan menggunakan metode between-subject yaitu 20 orang untuk tiap website, maka jumlah seluruh partisipan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang untuk 5 dummy yang diuji. Setelah melakukan uji usabilitas maka akan diperoleh hasil akhir yang dapat dijadikan rekomendasi untuk membangun sebuah desain antarmuka sebuah E-Commerce yang lebih baik. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, diperoleh bahwa kelima dummy yang diuji memiliki tingkat efektifitas yang sama yaitu 100%. Sedangkan untuk tingkat efisiensi tertinggi adalah dummy Blibli dengan persentase sebesar 6.1%. Untuk tingkat kepuasan, website Blibli memiliki nilai persentase tertinggi dibandingkan website lainnya, yaitu 82.2%. date: 2019-07 date_type: published pages: 96 institution: Univeristas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other funders: nilam.kakansing@ti.ukdw.ac.id citation: Nilam Permata P Kakansing (2019) EVALUASI ANTARMUKA E-COMMERCE BERDASARKAN HASIL UJI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING. Bachelor thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/215/1/71130108_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/215/2/71130108_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf