TY - THES TI - PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PADA PRODUK INDUSTRI GERABAH DI SENTRA INDUSTRI KASONGAN, BANTUL, YOGYAKARTA Y1 - 2015/07// ID - katalog2142 A1 - 11110037, IMMANUEL KARUNIAWAN AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi pada produk industri gerabah Kasongan di Bantul, Yogyakarta. Variabel independen (bebas) dalam penelitian ini adalah orientasi pasar, yang terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional. Sedangkan variable dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah inovasi. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (lebih dari satu) terhadap varabel dependen adalah regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda ini diolah berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada 82 responden, yaitu pemilik sekaligus pengelola industri gerabah/keramik di Sentra Industri Gerabah/Keramik Kasongan Bantul, Yogyakarta. Dari pengujian diketahui bahwa variabel bebas secara simultan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat, serta koefisien determinasi sebesar 54,4%. Yang berarti 54,4% variabel inovasi dapat dijelaskan oleh variabel orientasi pasar, yang terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional EP - 63 M1 - skripsi PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/2142/ KW - Orientasi Pasar KW - Inovasi KW - Uji Asumsi Klasik KW - Uji Hipotesis KW - Regresi Linier Berganda KW - Koefisien Determinasi ER -