%A Serafhina Saputro 11120013 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Untuk dapat bertahan dalam persaingan di dunia bisnis, loyalitas konsumen merupakan salah satu faktor yang penting. Jika tidak memiliki konsumen, maka sebuah perusahaan, baik itu perusahaan dagang atau jasa tidak akan mampu bertahan dan bersaing dalam dunia bisnis. Maka dari itu, perusahaan harus mulai fokus dalam memberikan nilai untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Seorang konsumen dapat dikatakan loyal apabila seorang konsumen terus kembali lagi dan lagi untuk melakukan transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh antara Customer Relationship Management terhadap loyalitas konsumen Starbucks Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat di Yogyakarta. Sample dalam penelitian ini merupakan 100 orang responden yang pernah mengkonsumsi produk Starbucks Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana Y menunjukan variabel loyalitas konsumen. Sedangkan, variabel X merupakan komponen-komponen dalam Customer Relationship Management yang diuji dalam penelitian ini yaitu, X1 behavior of the employees (perilaku karyawan), X2 quality service (kualitas pelayanan), X3 relationship development (pengembangan hubungan) dan X4 interaction management (manajemen interaksi). Hasil uji hipotesis dengan uji T menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel behavior of the employees (perilaku karyawan) dan quality service (kualitas pelayanan) terhadap loyalitas konsumen Starbucks Yogyakarta. Sedangkan variabel relationship development (pengembangan hubungan) dan interaction management (manajemen interaksi) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Starbucks Yogyakarta. %L katalog1852 %D 2017 %K Behavior of the employees (perilaku karyawan), quality service (kualitas pelayanan), relationship development (pengembangan hubungan), interaction management (manajemen interaksi), loyalitas konsumen. Starbucks Yogyakarta. %T PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN STARBUCKS YOGYAKARTA