eprintid: 1778 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 36 dir: disk0/00/00/17/78 datestamp: 2020-06-18 01:03:44 lastmod: 2020-06-18 01:03:44 status_changed: 2020-06-18 01:03:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 01120022, WIDHEWANI SUWANDI creators_id: widhewanisuwandi@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Christiani, Tabita Kartika corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: SPIRITUALITAS EKONOMI SEBAGAI DASAR DALAM PENCARIAN IDENTITAS DIRI REMAJA DI TENGAH PERILAKU KONSUMTIF ispublished: pub subjects: BL subjects: BR subjects: BV divisions: pend_teologi full_text_status: restricted keywords: Remaja, Perilaku Konsumtif, Spiritualitas, Identitas Diri. abstract: Identitas menjadi bagian penting bagi individu. Identitas berhubungan dengan bagaimana individu bertindak dan bagaimana ia menggambarkan siapa dirinya, kelompoknya, kepercayaannya, dan hal-hal lain yang bersangkutan dengan kehidupannya. Maka tentu apabila kegagalan dalam proses pencarian identitas diri akan menimbulkan hal-hal negatif bagi perkembangan hidupnya di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, perlu adanya bimbingan dalam proses pencarian identitas diri. Bimbingan tersebut secara khusus perlu diberikan pada remaja. Remaja menjadi sorotan di sini karena masa remaja adalah masa yang penting. Masa remaja adalah tahap dimana individu mengalami banyak perubahan dalam kehidupannya, baik perubahan dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya, dan tentu bahwa perubahan-perubahan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses pencarian identitas diri. Dalam masa perkembangannya, remaja menjadi seorang yang sangat mudah menerima informasi, terkhusus informasi yang datang dari luar dirinya, tak terkecuali pengaruh yang diberikan oleh perusahaan barang produksi. Produsen memberikan gambaran-gambaran dan janji-janji yang menyenangkan pada barang produksi mereka, seperti penerimaan sosial, harga diri, status sosial, dan lain sebagainya. Penggambaran yang menyenangkan tersebut mudah mempengaruhi remaja. Ketika remaja terpengaruh gambaran yang diberikan oleh produsen tersebut, maka remaja pun akan menggambarkan siapa dirinya, bagaimana ia menempatkan dirinya, bagaimana ia menghargai orang lain, hanya didasarkan pada barang produksi. Ketika tindakan dan pilihan remaja hanya di dasarkan oleh barang produksi dan tidak di dasarkan pada nilai dari dalam dirinya, maka hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif. Oleh sebab itu, menarik untuk dibahas mengenai bagaimana spiritualitas ekonomi mampu menjadi dasar pertimbangan bagi remaja dalam melakukan pemilihan dan tindakan, terkhusus dalam proses konsumsinya. Spiritualtias ekonomi membantu remaja mendapatkan nilai-nilai yang berdasarkan pada relasinya bersama dengan sesama dan Allah, sebagai bagian dalam pencarian identitas diri. date: 2017-02 date_type: published pages: 64 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Teologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 01120022, WIDHEWANI SUWANDI (2017) SPIRITUALITAS EKONOMI SEBAGAI DASAR DALAM PENCARIAN IDENTITAS DIRI REMAJA DI TENGAH PERILAKU KONSUMTIF. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1778/1/01120022_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1778/2/01120022_bab2_bab3.pdf