%K Relationship Marketing, loyalitas pelanggan. %T ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LASECA SALON DAN SPA YOGYAKARTA %D 2019 %L katalog176 %A Yohana Charisya Alethea Adi 11150003 %X Loyalitas Pelanggan sangat penting sebagai suatu hal untuk menjaga kelangsungan perusahaan. Pelanggan yang loyal merupakan aset yang sangat bernilai dan loyalitas pelanggan terhadap jasa berkaitan dengan konsep relationship marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel relationship marketing yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Laseca Salon dan Spa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Laseca Salon dan Spa Yogyakarta dengan sampel 100 orang dengan teknik purposive sampling. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode survei menggunakan kuesioner yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari variabel communication terhadap loyalitas pelanggan Laseca Salon dan Spa Yogyakarta. %I Universitas Kristen Duta Wacana