eprintid: 1709 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/17/09 datestamp: 2021-06-03 07:43:04 lastmod: 2021-06-03 07:43:04 status_changed: 2021-06-03 07:43:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71130020, Elizabeth Badhe Kira creators_id: elizabeth.badhe@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Chrismanto, Antonius Rachmat contributors_name: Dhian E. K. R., Ignatia corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: UJI USABILITASTERHADAP PROGRAM BANTU MEMAHAMI BACAAN UNTUK ANAK DISLEKSIA ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: uji usability, program bantu, Text4All, performance metrics, disleksia, OpenDyslexic, observation in field abstract: Kesadaran akan pentingnya membaca di Indonesia masih tergolong rendah. Pemerintah mulai menggalakkan literasi membaca di sekolah-sekolahkarena menurut data UNESCO (2012), minat baca penduduk Indonesia hanya mencapai 0.001%. Aksi penggalakan literasi membaca dilakukan untuk memajukan pikiran dan gagasan pelajar di Indonesia, termasuk anak disleksia. Namun membaca menjadi salah satu kendalabagi anak disleksia dalam memahami bacaan. Kesulitan mengakses informasi tertulis mengakibatkan perkembangan kosakata dan background knowledge anak disleksia terhambat. Aplikasi Text4All merupakan web service untuk mengadaptasi teks dari web page menjadi lebih simple degan mengabaikan elemen yang menganggu (too many graphics) sehingga lebih mudah diakses dan dibaca oleh anak disleksia di Spanyol. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Text4All berhasil membantu anak-anak di Spanyol. Maka dari itu penulis akan mengujikan usability Text4All pada anak-anak di Indonesia dengan tujuan untuk menghasilkan dan meningkatkan kelayakan aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan pengguna menggunakan pendekatan observation in field. Berdasarkan dari hasilpengujian ini,nilai usability aplikasi Text4All hanya mencapai 33.17% sehingga penulisakan membangun program bantu berdasarkan hasil evaluasi aplikasi tersebut. Hasil penelitian memperliharkan peningkatan kecepatan membaca anak sebesar 17% saat menggunakan program bantu yang menggunakan jenis font OpenDyslexic, serta peningkatan kemampuan membaca anak disleksia sebesar 42% dalam memahami bacaan dengan bantuan gambar yang menerangkan sinonim. Hasil akhir penelitian ini membuktikan bahwa uji usability dapat meningkatkan kinerja dan kelayakan sistem dilihat dari nilai usabilityprogram bantu yang meningkat pada setiap pengujian, yakni mulai dari 33.17% (Text4All), 93.56% (Prototype 1), hingga 97.33% (Prototype 2). date: 2017-07 date_type: published pages: 67 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71130020, Elizabeth Badhe Kira (2017) UJI USABILITASTERHADAP PROGRAM BANTU MEMAHAMI BACAAN UNTUK ANAK DISLEKSIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1709/1/71130020_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1709/2/71130020_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf