eprintid: 1707 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/17/07 datestamp: 2021-06-03 07:41:15 lastmod: 2021-06-11 03:49:26 status_changed: 2021-06-03 07:41:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104995, Novia Tonapa Bassy creators_id: tonapanovia@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Virginia, Gloria contributors_name: Santosa, R.Gunawan corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI K-MEANS UNTUK SEGMENTASI DATA PELANGGAN DENGAN MODEL LRFM ispublished: pub subjects: QA75 subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Clustering, K-means, LRFM abstract: Informasi yang diperoleh dari pemrosesan data transaksi pada sebuah penjualan pengecer secara online dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan dalam sebuah perusahaan karena perusahaan dapat mengetahui cara yang tepat untuk memberikan pelayanan kepada pelanggannya berdasarkan aktifitas pelanggan dalam bertransaksi. Pelanggan yang telah dikelompokkan berdasarkan kedekatan dari setiap atribut yang dimiliki dapat diberikan pelayanan khusus sesuai kebutuhan pelanggan tersebut. Salah satu algoritma yang dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan kedekatan dari setiap atribut yang dimiliki adalah algoritma k-means. Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan algoritma k-means untuk proses klasterisasi data transaksi tiap pelanggan yang akan ditransformasikan ke dalam model data LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) dari data transaksi yang didapatkan pada sebuah perusahaan pengecer secara online. LRFM merupakan model yang sederhana dan baik untuk memprediksi customer lifetime value. Setelah dilakukan proses klasterisasi hasil segmentasi akan dipetakan berdasarkan customer value matrix dan customer loyalty matrix. Sehingga manfaat dari mengetahui karakteristik tiap segmen pelanggan adalah perusahaan dapat menentukan strategi marketing pada tiap segmen. date: 2018-02 date_type: published pages: 35 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104995, Novia Tonapa Bassy (2018) IMPLEMENTASI K-MEANS UNTUK SEGMENTASI DATA PELANGGAN DENGAN MODEL LRFM. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1707/1/22104995_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1707/2/22104995_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf