%0 Thesis %9 Bachelor %A 22104925, Henrichi Amaral Da Costa %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2018 %F katalog:1687 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Maze, Solver, Algoritma Flood Fill %P 42 %T PATH FINDING SEARCH PADA GAME MAZE DINAMIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOOD FILL %U https://katalog.ukdw.ac.id/1687/ %X Salah satu aspek dalam sebuah game yang mampu memberikan tingkat kesulitan berbeda-beda adalah desain Map. Gameplay sebuah Game yang bergantung pada desain Map adalah game bertema Maze. Membuat sebuah map labirin bukan hal yang susah, akan tetapi menjadi hal yang berbeda ketika membuat beberapa map labirin yang berbeda untuk setiap game stage. Programmer sering merasa kesulitan ketika membuat map yang berbeda-beda untuk setiap game stage, karena harus menata ulang map labirin dan membuat secara manual, tetapi jika jalur map labirin berbeda maka penyelesaian untuk solusi pencarian jalan keluar juga akan berbeda oleh karena itu peneliti menggunakan algoritma flood fill untuk digunakan sebagai solusi pencarian jalan keluar. Dalam penelitian ini, penulis membuat sebuah sistem Game Maze dengan mengimplementasikan algoritma Flood Fill sebagai Solve dalam maze dinamis. Penulis menganalisis perbandingan Nodes pada maze persegi panjang Vertikal dan meze Persegi panjang Horizontal. Sistem yang dibangun 100% mampu menghasilkan Maze secara dinamis, sistem juga mampu mencari jalan keluar dengan menggunakan algoritma flood fill dari Maze yang dibuat. Bentuk Maze mempengaruhi kompleksitas Maze.