%D 2018 %L katalog1678 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K klm, market place, lazada, e-commerce %T ANALISIS USER INTERFACE DESIGN DENGAN MENGGUNAKAN KLM PADA WEBSITE WWW.LAZADA.CO.ID %X Teknologi yang berkembang cepat saat ini, secara tidak langsung mempengaruhi gaya hidup masyarakat dalam berbelanja. Kebiasaan masyarakat yang tadinya lebih memilih berbelanja langsung ke toko perlahan mulai bergeser menjadi berbelanja online karena efisiensi waktu. Melirik hal tersebut tentu berkembang juga berbagai macam toko online yang menyediakan berbagai macam layanan baik dari diskon maupun fasilitas yang diberikan. Selain berbagai macam fasilitas, karena berhubungan dengan website, tentunya design website yang menarik juga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan halaman web. Oleh karena itu , penulis melakukan analisis terhadap www.lazada.co.id sebagai salah satu market place terbesar di Indonesia untuk melihat efektivitas website tersebut. Analisis yang dilakukan penulis terhadap www.lazada.co.id adalah dengan menggunakan metode KLM. Setelah mendapatkan hasil perhitungan dari KLM, penulis membandingkan hasil perhitungan dengan market place lain untuk melihat apakah www.lazada.co.id lebih efektif dibandingkan dengan market place lain. Hasil perhitungan didapatkan dari total waktu masing-masing action yang diperlukan untuk melakukan proses pembelian yang dimulai dari awal membuka website hingga proses pembelian selesai. Setelah proses analisis selesai, didapatkan hasil yang cukup signifikan antara www.lazada.co.id dengan website pembandingnya. Website www.lazada.co.id mendapatkan perhitungan total waktu yang lebih singkat yang menandakan bahwa website tersebut lebih efektif dibandingkan market place pembandingnya. %A Aji Eka Pramana J. 22104873