@phdthesis{katalog1651, author = {Christ Archi Dirgantara 71110021}, title = {SIMULASI PERMAINAN MINIGO 5 X 5 DENGAN STATIS MAPPING POINT}, month = {July}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2017}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/1651/}, keywords = {Kecerdasan Buatan, MiniGo, Statis Mapping Point}, abstract = {Algoritma Statis Mapping Point merupakan algoritma yang bisa diimplementasikan dalam kebanyakan aspek kehidupan. Termasuk salah satunya digunakan untuk memecahkan masalah pemilihan langkah terbaik dalam permainan yang melibatkan dua orang. Terutama permainan yang bersifat zero-sum atau bisa lebih mudah diartikan sebagai kerugian dan keuntungan suatu pihak setara dengan keuntungan dan kerugian pihak musuhnya. Penulis menggunakan algoritma ini untuk membuat permainan Igo yang disederhanakan, dengan menerapkan pencarian langkah terbaik untuk merebut wilayah pemain dan mempertahankan wilayah yang dimiliki kecerdasan buatan. Algoritma ini diharapkan mampu merebut wilayah pemain dengan langkah yang paling efisien. Tantangan utama game ini terletak pada strategi pemain untuk bertahan atau menyerang. Memutuskan sebuah langkah untuk terus maju atau lari dari ancaman dan bagaimana kita mencapai tujuan seefisien mungkin.} }