eprintid: 1623 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/16/23 datestamp: 2021-06-03 07:05:59 lastmod: 2021-06-03 07:05:59 status_changed: 2021-06-03 07:05:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22084537, Andreas Soetanto creators_id: soeandreas@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: NUGRAHA, KRISTIAN ADI contributors_name: CHRISANTYO, LUKAS corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN ispublished: pub subjects: M1 subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: public keywords: Gamelan Jawa, alat musik, user centered design abstract: Gamelan adalah suatu istilah untuk berbagai jenis alat musik yang dimainkan di Indonesia. Seperti diketahui bahwa seni gamelan tidak hanya dimiliki oleh daerah Jawa melainkan terdepan di daerah lain juga seperti Sunda, Bali, dan Bugis, sehingga seni gamelan bisa dikatakan sebagai budaya bangsa Indonesia yang bersumber dari kejayaan nenek moyang bangsa. Gamelan Jawa dapat ditemukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Banyak lapisan masyarakat terutama di lingkup pelajar dan mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta melupakan dan kurang melestarikan seni budaya ini dikarenakan perkembangan teknologi baru yang sangat banyak sehingga mengabaikan kesenian tradisional ini. Sebagaimana yang sudah dituliskan diatas, gamelan adalah kesenian budaya yang perlu dilestarikan, khususnya pada anak jaman sekarang yang mayoritas sudah maju sehingga mereka tidak melupakan kesenian tradisional ini dan bisa melestarikan serta mengenalkannya pada masyarakat yang belum mengetahui gamelan jawa. User Centered Design adalah salah satu metode yang digunakan untuk membantu melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional, metode ini digunakan sebagai solusi untuk merancang sebuah aplikasi yang dimana masyarakat sendiri berpatisipasi merancang aplikasi sesuai apa yang diinginkan. Implementasi sistem sendiri dilakukan setelah melalui proses perancangan sistem oleh pengguna sistem melalui pengumpulan data lewat wawancara dan pembagian kuesioner. Setelah merancang sistem yang diinginkan oleh pengguna diharapkan hasil dari sistem dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam belajar gamelan jawa. date: 2017-07 date_type: published pages: 50 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22084537, Andreas Soetanto (2017) PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1623/1/22084537_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1623/2/22084537_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf