%X Periklanan adalah salah satu pendorong kesuksesan suatu perusahaan melalui promosi. Peiklanan merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasive pada masyrakat. Tanpa periklanan perusahaan yang akan mengeluarkan produk barunya tidak akan menjual produknya. Tanpa iklan pula masyarakat tidak akan mengetahui tentang keberadaan suatu produk baru di pasar. Perusahaan Wall’s mengeluarkan produk baru berupa Ice Cream Sandwich. Maka dari itu untuk memasarkan produk barunya tersebut menggunakan sarana iklan supaya masyarakat dapat mengenal produk tersebut. Iklan Wall’s Ice Cream Sandwich tersebut dirancang semenarik mungkin agar masyarakat tertarik untuk membeli produk baru tersebut. Peneliti telah mengambil 100 responden untuk menganalisis keefektifan iklan Wall’s Ice Cream Sandwich apakah mempengaruhi dalam pembelian konsumen di Yogyakarta. Dan pengolahan data tersebut menggunakan metode AIDA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan Wall’s Ice Cream Sandwich kurang efektif mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk Wall’s Ice Cream Sandwich karena hanya memperoleh presentase sebesar 41% dari 100%. Dan hasil tersebut kurang dari 50% sehingga dinyatakan tidak efektif. %A SHIERLY 11130044 %K periklanan, Wall’s Ice Cream Sandwich, Efektifitas, AIDA %T ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN WALL’S ICE CREAM SANDWICH TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN PEMBELIAN DI YOGYAKARTA %I Universitas Kristen Duta Wacana %L katalog1599 %D 2017