eprintid: 1585 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 28 dir: disk0/00/00/15/85 datestamp: 2020-11-03 07:52:20 lastmod: 2020-11-03 07:52:20 status_changed: 2020-11-03 07:52:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104982, ROBY CHANDRA creators_id: roby.siao93@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Haryono, Nugroho Agus contributors_name: Setiadi, Hendro corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DALAM PEMBUATAN AI NON-PLAYER CHARACTER PADA GAME STRATEGY ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: agen cerdas, AI, FSM, state. abstract: Pada zaman yang serba modern ini, dunia teknologi semakin berkembang. Industry game semakin lama semakin diramaikan degan permainan-permainan yang lebih variatif. Industry game berusaha membuat game yang lebih baik disbanding yang lainnya. Untuk menghasilkan game yang baik dibutuhkan pula agen cerdas yang baik. Agen cerdas yang berkualitas mampu memberikan experience yang mendekati saat memainkan game bersama manusia, perilaku agen cerdas dalam sebuah permainan merupakan salah satu faktor bagus atau tidaknya permainan. Dalam perancangan sistem ini, akan menggunakan finite state machine yang mengelompokan perilaku atau behavior suatu agen crdas menjadi state-state tertentu. Metode ini membuat perilaku agen cerdas lebih terstruktur dan lebih mudah dimengerti, karena dengan pengelompokan state, agen cerdas akan berprilaku sesuai dengan state yang dirancang. Sistem yang dibangun mampu menghasilkan agen cerdas yang cukup handal hanya dengan menggunakan finite state, namun dibutuhkan lebih banyak variasi state agar bisa menghasilkan permainan yang lebih baik. date: 2016-11 date_type: published pages: 51 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104982, ROBY CHANDRA (2016) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DALAM PEMBUATAN AI NON-PLAYER CHARACTER PADA GAME STRATEGY. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1585/1/22104982_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1585/2/22104982_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf