eprintid: 1452 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/14/52 datestamp: 2021-04-30 03:02:35 lastmod: 2021-04-30 03:02:35 status_changed: 2021-04-30 03:02:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71140003, MICHAEL NATANAEL creators_id: mike_natanael@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: HARYONO, NUGROHO AGUS contributors_name: SETIADI, HENDRO corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI EFEK SQUIRT DAN SWERVE PADA PERMAINAN BILIAR BERBASIS WEB ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: - swerve, squirt, biliar, video game, tumbukan, momentum, rotasi, html 5 canvas abstract: Biliar adalah salah satu permainan yang cukup popular di dunia terbukti dengan adanya world confederation of billiard sports yang menaungi seluruh cabang olahraga yang berhubungan dengan biliar seperti snooker, pool, dan carom. Dalam permainan billiar ada istilah squirt dan swerve. Squirt adalah istilah dimana kondisi bola putih melenceng dari garis tongkat pukul. Sedangkan swerve adalah kondisi dimana bola putih berbelok melenceng berlawanan arah dengan squirt dari garis pukul tongkat. Dan pada saat ini hanya beberapa permainan yang menerapkan kedua efek ini, salah satu contohnya adalah permainan yang dibuat oleh Suminto pada tahun 2014 yang menerapkan efek squirt saja. Dari sini penulis mendapatkan insprasi untuk menambah efek swerve yang tidak kalah pentingnya untuk membuat permainan bisa lebih terasa nyata. Secara garis besar penulis membagi pembuatan permainan biliar ini menjadi 3 tahapan besar yaitu tahapan membuat kode untuk fungsi squirt dan swerve, membuat game engine yang dibutuhkan untuk permainan biliar, dan bug fixing permainan biliar beserta analisis dari hasil pembuatan permainan. Dari hasil yang didapat dapat disimpulkan bahwa efek squirt sangatlah mudah diterapkan dan bisa mendapat akurasi 100% dengan mudah karena perhitungan yang dilakukan diskrit dan dilakukan sekali saja sehingga mengurangi drastic kemungkinan error. Sedangkan efek swerve bisa mendapatkan hasil kebalikan dari squirt karena perhitungan yang terus menerus dan hasil perhitungan aslinya berupa kontinu sedangkan computer akan sangat sulit menerapkan sesuatu yang kontinu sehingga akurasi dari efek swerve tidak bisa mendapatkan 100%. date: 2018-07 date_type: published pages: 48 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71140003, MICHAEL NATANAEL (2018) IMPLEMENTASI EFEK SQUIRT DAN SWERVE PADA PERMAINAN BILIAR BERBASIS WEB. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1452/1/71140003_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1452/2/71140003_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf